[RISALAH 019] "‪#‎Ruqyah_Syariyyah_Bisa_Menjadi_Wasilah_Dakwah_Untuk_Jin‬"

Dr. Khalid al-Juraisy menuturkan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh seorang peruqyah ruqyah syar'iyyah. Salah satu point penting yang beliau katakan adalah:

أن ينوي الراقي برقيته نفع أخيه، ومحبة أن يشفيه الله ويخفف عنه، وكذلك توخِّي هدايته، بل إن تيقَّن الراقي وجود جنِّيٍّ متلبِّسٍ، حَرَص عندئذٍ على تخليص المرقيِّ من ذلك التلبُّس، مع حرصه كذلك على دعوة ذلك الجنِّيِّ إلى التقوى والاستقامة

"Agar peruqyah meniatkan untuk memberi manfaat bagi saudaranya, dengan keinginan agar Allah menyembuhkannya dan meringankannya, serta berharap hidayah-Nya. Bahkan jika sang peruqyah yakin akan adanya jin berselindung (di dalam jasad korbannya), ia berhasrat seketika itu untuk melepaskan rasukan tersebut dari (raga) yang diruqyah, disertakan berhasrat untuk mendakwahi jin tersebut menuju Taqwa dan Istiqamah."

وهذا مطلب مهم جداً ينبغي للراقي ملاحظته؛ ذلك أن همّ المسلم الأعظمَ الدعوةُ إلى الله تعالى

"Dan ini adalah point penting sekali yang layak diperhatikan oleh seorang peruqyah. Sebabnya adalah hasrat seorang muslim yang teragung adalah dakwah menuju Allah Ta'ala."

--- "Ar-Ruqyah asy-Syar'iyyah", hal. 7, Dr. Khalid bin Abdurrahman al-Jurais, dengan taqdim: Syaikh Abdullah Jibrin.

===============

Ta'liq dari hamba Allah:

Oleh karenanya, tidak semestinya peruqyah yang mengajak jin yang merasuki tubuh korbannya kepada Islam (jika ia jin kafir) atau kepada Istiqamah dan taubat (jika ia jin muslim).

Namun, jika jin tersebut tidak menginginkannya dan menolak setelah didakwahi beberapa kali, maka tidak patut bagi peruqyah memaksa. Cukup teruskan ruqyah atau keluarkan jin tersebut dari raga korbannya -dengan izin dan kuasa Allah Ta'ala-.

Dan sepatutnya, setiap muslim mampu meruqyah dan mendahulukan upaya sendiri dengan bertawakkal pada Allah dan ikhtiar yang sesuai syariat-Nya. Wallahu a'lam.

Post a Comment

  1. thanks banget, gan.. artikelnya sangat membantu sekali. keep posting, kawan..

    ReplyDelete