PELITA MATA HATI

==========================
Disusun oleh : Perdana Akhmad II

Rasulullah bersabda : " Kalaulah tidak karena syaithan-syaithan mengelilingi hati anak Adam (manusia), niscaya manusia itu dapat melihat ke alam malakut yang tinggi ( HR. Ahmad dari Abu Hurairah).

Dalam hadits ini ada dua kata yang perlu dicermati " HATI" dan " ALAM MALAKUT"


Secara gamblang dan mudah hadits tersebut diatas menceritakan bahwa hati seoraang manusia yang terbebas dari himpitan syaithan, bersih dari segala maksiyat dan kotoran dosa akan bersinar dan cemerlang yang akan mampu memandang kepada alam malaikat yang tinggi.

Dalam hadits yang lain, Rasulullah bersabda : hati mu'min itu bersih didalamnya ada PELITA yang bercahaya gemilang. Dan hati orang kafir itu hitam dan terbalik (HR. Ahmad dan Thabrani).

Jelas sekali dikatakan oleh Rasulullah bahwa hati mu'min yaitu orang-orang yang yakin kepada Allah dan Rasul-Nya, bersih dan bersinar gilang gemilang karena disinari oleh NUR Allah Ta'ala.

Jika hari sudah bersih dan disinari Cahaya dari Allah maka Allah akan menganugerahkan padanya PELAJARAN dalam hatinya.

Sebagaimana Rasulullah mengatakan : "Apabila dikehendaki Allah kebajikan kepada seorang hamba, niscaya dijadikannya orang itu mendapat PELAJARAN dalam HATI-nya" ( HR. Ad Dailami)

Dari hadits ini dapat diambil kesimpulan bahwa hati bisa mendapat pelajaran dari Allah Ta'ala. Dan bila hati seorang hamba mendapat pelajaran dari Allah Ta'ala pastilah dia dapat memberikan pelajaran pada dirinya juga dan mampu memberikan pelajaran pada orang lain. Pelajaran ini bisa berupa ilmu ma'rifatullah (mengenal Allah), ilmu ruqyah syar'iyyah atau beragam ilmu hikmah lainnya.

Mengenai pelita mata hati ini dijelaskan dalam surat Al Hajj ayat 46 : "maka sesunggunya bukan mata kepala yang buta, tetapi yang buta adalah mata yang didalam hati"

Dari uraian hadits dan ayat diatas jelaslah bagi kita sema bahwa memang ada HATI itu memiliki MATA. MATA HATI bisa menjadi cemerlang apabila dijaga dari hal-hal yang membuatnya kotor, berkarat bahkan mati.

MARI KITA MEMPERTAJAM MATA HATI DAN BERILAH MATA HATI KITA PENERANGAN DENGAN CAHAYA DARI ALLAH TA'ALA AGAR DAPAT MELIHAT ALAM MALAKUT DILANGIT DAN DIBERI PELAJARAN DARI ALLAH TA'ALA .......................

Wallahua'lam.......................

Post a Comment