Manfaat pelukan untuk menurunkan demam panas tinggi pada anak.

Di susun oleh : Perdana Akhmad, S.Psi
(Founder QHI & Pengurus pusat ARSYI)

Rasulullah shalallaahu alaihi wassaam menyuruh Abdullah, Ubaidillah dan lain-lain dari putra-putra pamanya Al-Abbas ra. untuk berbaris lalu berkata, "Siapa yang lebih dulu sampai kepadaku akan kuberi sesuatu (hadiah)." Mereka pun berlomba-lomba menuju Rasul, kemudian duduk di pangkuan beliau, lalu rasul memeluk mereka dan menciuminya.

Al-Aqraa bin harits melihat nabi Muhammad Saw. mencium Al-Hasan ra. lalu berkata,"Wahai Rasulullah, aku belum pernah mencium mereka.” Rasul bersabda: “Aku tidak akan mengangkat engkau sebagai seorang pemimpin apabila Allah telah mencabut rasa kasih sayang dari hatimu. Barang siapa yang tidak memiliki kasih sayang ,niscaya dia tidak akan disayangi.”

Begitulah cara Rasulullah menyayangi anak-anak, beliau tidak sungkan memeluk dan menciumnya dengan kasih sayang. Tahukah anda bahwa pelukan untuk anak memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatannya salah satunya dapat menurunkan panas tubuh anak yang berlebihan?

Demam, merupakan kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja termasuk oleh anak-anak. Beberapa orang tua sering kali kebingungan ketika mendapati anaknya mengalami peningkatan suhu tubuh. Kecemasan yang dialami oleh orang tua akan menimbulkan beberapa tindakan yang berlebihan dalam penanganan demam. Padahal demam merupakan suatu mekanisme pertahanan diri yang terjadi di dalam tubuh dalam mengatasi infeksi.

Pertolongan pertama jika anak anda demam adalah dengan memeluk anak anda dengan menempelkan dada anak dan dada anda tanpa mengenakan baju, dekap anak selama 30 menitan.

Insya Allah hawa panas ditubuh anak akan terserap ketubuh anda yang suhunya lebih rendah dan hawa panasnya akan dinetralkan ditubuh anda yang suhu tubuhnya normal.

Selama memeluk bacakanlah surat Al Fatihah, al ikhlas, al falaq dan an naas berulang kali dengan khusyuk. Insya Allah suhu tubuh anak akan kembali normal.

Berikan anak minum yang cukup jangan sampai menimbulkan dehidrasi.

Tehnik pelukan ini akan menghindarkan anak dari kesadaran menurun ataupun kejang/step yang dapat menimbulkan kerusakan syaraf.

Wallahu a'lam.

Post a Comment