SUBHAANALLOH TERNYATA LEBAH MEMILIKI TIGA PERUT
👉Tahukah anda berapa banyak perut lebah 🐝?
Mari kita baca surah An-nahl yang berbunyi:
ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ(بُطُونِهَا) شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
"kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).”
Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir".(An-Nahl:69).

👉Perhatikan kata yang ada didalam kurung pada ayat diatas.Kenapa Allah subhaanahu wa Ta'aala mengatakan : بطونها dengan kata jama'/plural bukan" بطن "dalam bentuk tunggal??
👉Ternyata lebah itu 🐝 memiliki tiga perut:
1.Perut yang pertama fungsinya untuk menaruh nectar untuk beberapa lama.
2.Perut yang kedua untuk menaruh madu dengan proses sbb: Setelah nectar disimpan beberapa waktu didalam perut yang pertama,maka katup pada perut yang pertama akan terbuka dan nectar ini akan turun ke perut kedua yang akan diproses menjadi madu. Diujung perut yang kedua ini terdapat katup juga seperti pada perut yang pertama.Katup pada perut yang kedua ini tidak akan terbuka kecuali saat-saat darurat atau madu akan turun sedikit saja kedalam perut ke tiga.
3. Didalam perut yang ke tiga terdapat isi perut lebah ini,dan dia makan dengan madu yang keluar dari katup pada perut kedua yang berjumlah sedikit tersebut diatas ketika sedang terbang dan menyelesaikan pengembaraannya.Ketika sudah kembali ke sarangnya barulah lebah 🐝ini siap untuk mengeluarkan madu yang terdapat didalam perut yang kedua kedalam lubang-lubang sarangnya melalui mulutnya bukan melalui ususnya.
أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَىٰ قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا "
Maka tidakkah mereka menghayati Al-Qur'an ataukah hati mereka sudah terkunci".(Muhammad:24).
سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم والله اعلم وصل الله على محمد وآله وصحبه وسلم.والحمد لله رب العالمين.
Ustad Salahudin Sunan Al-sasaki

Post a Comment