*WARNA DALAM PENGOBATAN*

Pengobatan para tabib nenek moyang sejak dahulu juga telah mengajarkan ilmu titen (dogma signature) pemilihan bahan-bahan obat menggunakan tumbuhan obat dengan cara pengamatan menurut tingkat kemasakan atau fisiologi (daun, buah dan biji) dan warna.
*Hijau : hati + kandung empedu*
*Merah : jantung + usus halus*
*Kuning : limfa + lambung*
*Putih : paru + usus besar*
*Hitam : ginjal + kandung kemih*

1. Patologi pengobatan ITM berpendapat bahwa penyakit pertama muncul akibat problem pada sistem pencernaan.
2. Tingkat pertumbuhan dan perkembangan bagian tumbuhan mulai masa muda (juvenil) ➡️ tumbuh sempurna fisiologis menunjukkan rute sistem organ dan mekanisme fisiologi pada tubuh manusia.
Bagian tumbuhan warna hijau (muda-rasa sepat dan masam dengan kadar saponin + vitamin C tinggi) digunakan sebagai obat gangguan sistem pencernaan.
3. Buah atau daun pada puncak periode pertumbuhan atau kemasakan ditandai bercak warna hitam atau bekas trauma pada buah yang masak mengandung bahan aktif bersifat toxic yang diduga mempunyai aktivitas anti tumor dan kanker.
Bercak hitam atau bintik hitam kandungan TNF. Empiris mengarahkan Ilmiah. Sistem pertahanan pada tumbuhan menghasilkan produk senyawa metabolik sekunder berpotensi sebagai antik tumor dan kanker.
Buah yang masak nyaris busuk sebagai akibat proses fermentasi bakteri menyebabkan cidera jaringan pada bagian buah sehingga mengeluarkan produk senyawa metabolik sekunder untuk mempertahankan diri. Muncul bintik hitam TNF

Post a Comment