*Kesan Buruk Memori Masa Lalu Menjadi Akar Utama Gangguan Pada Diri Seseorang*



Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu sumber utama munculnya gangguan pada diri seseorang bisa berasal kenangan2 masa lalu.
Baik itu berasal dari kesedihan yg terpendam, dendam terpendam, sakit hati terpendam, kecewa terpendam, trauma terpendam, ketakutan terpendam. Hal2 tersebut bisa memicu munculnya gangguan dan keluhan yg menimpa pribadi seseorang entah itu gangguan medis, non medis, mental kejiwaan.
Dari sekian banyak kasus yg ada, bangsa jin ternyata bisa memanfaatkan celah yg ada pada diri seseorang dan bisa mempengaruhi pribadi seseorang yg bisa berdampak terkena penyakit medis, non medis, mental kejiwaan.
Sekalipun peran mereka sangat lemah, maka akan nampak seolah2 dahsyat jika terus menerus menguasai jiwa dan pikiran seseorang.
🛑 Ada beberapa sekian kasus ruqyah yg kami tangani terkait dari dampak buruk kenangan memori masa lalu yang terpendam, diantaranya tersebut pada kasus berikut :
📝Kasus yang dialami seorang ibu yg menderita diabetes yg saat pelatihan ruqyah pertama sangat histeris memakai kursi roda dan kakinya bengkak besar sekali. Alhamdulillah waktu itu kami ruqyah di lokasi dan dirumah sempat saya diundang kerumahnya. Dua kali terapi selalu histeris dan muntah hebat sekali.
Namun alhamdulillah bisa tuntas. Dengan nasehat2 dan motivasi kepada beliau. Satu hal yg terjadi kronologi awal ketika beliau sebelum sakit adalah saat kesal dan kecewa terhadap anak lelakinya yg sudah disekolahkan tingginya, ekspektasi dari beliau anaknya agar kerja dulu sampao benar2 siap untuk berumah tangga, namun Allah berkehendak lain, ternyata si anak ada keinginan lain yaitu nikah dulu setelah itu meniti karir. Dari situlah ibunya sakit ngedrop dan makin parah karna sempat salah berobat ke tempat pengobatan dukun.
📝Pada kasus lain ada seorang muslimah yg seringkali kerasukan menurut anggota keluarganya dan begitu juga dialami oleh anggota keluarga lain yg sama2 satu saudara kandung namun tidak sampai kesurupan namun mengalami keluhan yg sama yaitu mudah emosi kepada pasangan, suka mimpi buruk, sering mimpi sosok lelaki dalam mimpo, mimpi seakan hendak diajak berhubungan badan, sering lebam2 tanpa sebab, sering merasa sakit disekitar rahim, haid nda lancar. Alhamdulillah saat itu kami meruqyahnya satu keluarganya dan alhamdulillah tuntas.
Ketika ngobrol lebih banyak, ternyata sumber permasalahannya adalah sakit mendalam kepada ayahnya yg meninggalkan ibunya dan menelantarkan ibunya. Dari situ awal mula sumber masalah itu datang.
📝 Pada kasus lain ada seorang muslimah yg seringkali pingsan, saat diruqyah tiba2 pingsan lama sekali baru sadar, sering merasa melihat sosok menyeramkan dicermin, seringkali digauli saat tidur, sering kali seperti ada yg dtg dalam mimpi, sering mimpi ular, sering tindihan erep2, mukanya seperti sering pucat. Alhamdulillah sempat diruqyah sampai 6 kali. Sudah banyak perkembangan saat ruqyah terakhir kemarin sdh tidak begitu dahsyat reaksinya dan muntahnya.
Yg memang keluarga muslimah ini suka klenik dan kejawen. Ditambah ada momen menyakitkan hati yaitu sakit hati kepada bapak kandungnya yg memperlakukan tidak adil kepadanya saat kecil. Yg membuatnya merasa tidak dianggap dan dibedakan oleh bapaknya.
📝 Pada kasus lain ada seorang dua muslimah yg dg kasus hampir sama. Dan keluhan hampir sama yaitu suka menyendiri, suka berlama2 dikamar, pendiam, jika sudah marah sangat meledak, mudah tersinggung, suka mimpi buruk juga. Namun alhamdulillah ruqyah kedua muslimah ini di dua tempat berbeda alhamdulillah Allah mudahkan dan beri kesembuhan sempurna sekarang. Satu muslimah ternyata sumbernya setelah meninggalnya almarhumah ibunya beliau merasa seperti tidak ada yg peduli dan sayang, kakak2 laki2 dan bapaknya perlakuannya beda seperti yg dia dapt dari ibunya dulu. Satu muslimah lain ditempat berbeda pun sama yaitu saat bapaknya meninggal ibunya dan kakak kandungnya sikapnya tidak begitu respek seperti almarhum bapaknya.
Dan masih begitu banyak kasus ruqyah dengan berbagai macam keluhan dan ketika ditelisik dan hasil konseling sumbernya ada pada rapuhnya jiwa dan hati seseorang.
Hati manusia itu diumpamakan sehelai kertas putih yang bersih, ketika dia berbuat dosa munculah sebuah titik hitam pada kertas itu. Ketika ia beristighfar dan mengerjakan shalat bintik hitam itupun hilang. Demikian seterusnya hati akan tetap bersih selama ia tetap beristghfar dan mendirikan shalat. Jika ia tidak pernah beristighfar dan mendirikan shalat maka hati itu akan dipenuhi bintik hitam yang pada akhirnya akan menutupi seluruh hatinya menjadi hitam legam penuh kegelapan.
Hati atau qalbu merupakan bagian utama dari kehidupan manusia . Nabi besar Muhammad Saw, bersabda, Didalam tubuh manusia ada segumpal darah, apabila segumpal darah itu baik maka baiklah keseluruhannya. Apabila rusak, rusaklah semuanya. Dia adalah Qolbu (hati).”
Hati atau qalbu itu terletak didalam dada manusia , keberadaannya bisa dirasakan oleh setiap orang , namun secara fisik masih belum jelas bentuknya. Ada yang menduga qalbu itu adalah jantung. Jika seseorang sedang merasa sedih atau kecewa dia akan mengusap dadanya, sebagai tanda bahwa qalbu atau hatinya amat tertekan.
Hati atau qolbu yang sakit dan kotor.
Hati yang rusak dipenuhi berbagai penyakit seperti syirik, dengki, kafir, munafik, kikir, dendam, kecewa, gelisah, amarah dan lain sebagainya. Allah menyatakan ini dalam surat Al baqarah 10
"Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta." (Al baqarah 10)
Orang yang hatinya dipenuhi berbagai kotoran dan penyakit hidupnya akan dirongrong berbagai masalah dan kesulitan yang tidak pernah habis. Didunia hidup menderita dan di akhirat akan lebih menderita lagi.
Hati yang dipenuhi penyakit menyebabkan seseorang tidak bisa berfikir dengan tenang dan jernih dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapinya. Suasana hati yang sakit akan terlihat dari sikap perilaku dan cara berbicara seseorang. Keberadaannya selalu menimbulkan problem dan masalah bagi lingkungannya, sehingga dia sulit diterima oleh lingkungan . Inilah yang menyebabkan berbagai kesulitan pada dirinya.
Setiap saat syetan selalu berkeliling disekitar hati manusia membawa virus penyakit , yang siap dimasukan kedalam hati manusia. Orang yang lalai , tidak hati hati dan waspada terhadap tipu daya syetan serta lalai dari mengingat Allah , merupakan sasaran empuk bagi syetan untuk memasukan virus penyakit kedalam hatinya.
Untuk membersihkan dan menjaga hati dari berbagai penyakit yang dapat merusak kehidupan kita dibutuhkan usaha yang sungguh sungguh dan ulet, tidak bisa kita lakukan secara santai dan asal asalan. Iblis dan balatentaranya telah bersumpah dihadapan Allah bahwa ia dan pasukannya akan menyesatkan semua anak cucu Adam, kecuali sedikit .
Iblis dan balatentaranya sangat serius melaksanakan ancamannya ini, karena itu mereka setiap detik berusaha memasuki hati dan fikiran manusia, memasukan berbagai penyakit yang mereka bawa. Orang yang lalai dan jauh dari Allah merupakan sasaran empuk bagi Iblis dan balatentaranya
Allah telah mengingatkan tentang ancaman Iblis ini dalam surat Al ‘raaf 16-17
16. Iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,17. kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)
Semoga Menjadi Ibrah Buat kita semua atas pentingnya menjaga hati dari rasa riya, takabur, ujub, bangga diri, tidak bersyukur, iri,dengki, marah, sedih, sakit hati, kecewa, jengkel, dendam.
Allahu A'lam
*Misbah Abi Dzaki Umar Khansa*
Barakallahu Fiik

Post a Comment