KAPAN WAKTU MUSTAJAB UNTUK BERDO’A SAAT BERPUASA..?

BBG AL ILMU


Sy. Dr. Abdul Bari bin Hammad al-Anshari:

🌴🌴🌴
“Intinya tidak ada satupun hadits atau atsar yang valid (shahih) yang mengkhususkan waktu berbuka untuk mustajabnya do’a orang yang berpuasa.

🌴🌴🌴
Yang valid, bahwa semua waktu puasa adalah waktu mustajab untuk berdo’a, dan ini adalah keluasan karunia Allah untuk orang yang berpuasa.

🌴🌴🌴
Adapun waktu berbuka; maka itu waktu yang terbatas, dan saat itu konsentrasi hati orang yang berpuasa sibuk memikirkan dekatnya waktu berbuka dan kegembiraan dia karenanya. Belum lagi (ketika itu), disunnahkan untuk menyegerakan buka puasa dan tidak menyibukkan diri dengan sesuatu yang mengakhirkan buka puasanya (walaupun hal itu adalah do’a).

🌴🌴🌴
Maka harusnya orang yang berpuasa mencari-cari waktu berdo’a itu di sepanjang harinya, yakni ketika pikirannya bisa konsen, dan hatinya kosong dari beban dan kesibukan.

🌴🌴🌴
Dan hendaknya dia memperbanyak doa dengan menampakkan kefakiran dan sangat butuhnya dia kepada Allah azza wajall, maka do’a itu akan lebih mustajab, karena padanya ada banyak sebab yang menjadikan do’anya diijabahi. Wallohu a’lam”.

Musyaffa’ Ad Dariny,  حفظه الله تعالى

========🌴🌴🌴🌴🌴========

Post a Comment